Google

Thursday, March 22, 2012

Pengertian Bisa Ular dan Jenis Bisa


Bisa Ular adalah zat racun yang dihasilkan oleh ular yang dapat menyebabkan luka, busuk, atau mati bagi sesuatu yang hidup   diproduksi oleh kelenjar khusus dari sejumlah spesies ular tertentu. Kelenjar yang mensekresikan zootoksin merupakan modifikasi kelenjar parotis vertebrata lain, dan bisanya terletak di setiap sisi kepala di bawah dan di belakang mata, terbungkus selubung otot.

Jenis Bisa Ular Sebagai Berikut :

1. Neurotoksin
Jenis racun yang menyerang sistem saraf. Racun jenis ini melumpuhkan sistem pernafasan dan merusak otak korbannya yang menyebabkan kematian. Jenis racun ini tidak menimbulkan rasa sakit pada gigitannya sehingga seringkali korban tidak mengetahui bahwa telah tergigit.

2. Hemotoksin
Jenis racun yang menyerang sistem sirkulasi darah dalam tubuh, terdapat pula enzim pemecah protein (proteolytic). Akibatnya sel-sel darah akan rusak dan penggumpalan darah akan terjadi. Reaksi racun sangat cepat seiring dengan pembengkakan di daerah sekitar luka gigitan, beberapa menit saja korban akan merasakan sakit yang dan terasa panas yang luar biasa. Hal ini tidak seperti jenis racun neurotoksin yang tidak terasa sakit sama sekali.


 
Description: Pengertian Bisa Ular dan Jenis Bisa
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Pengertian Bisa Ular dan Jenis Bisa

Crew Skater FM

You Follow , I Follow

My Friend