Google

Sunday, April 1, 2012

Pengertian Pasar Efisien serta Bentuk Pasar Efisien | Bahan Makalah


Telah banyak orang yang melakukan penilitian dan mencoba merumuskan konsep pasar efisien. Dalam perkembangannya, definisi pasar efisien didasarkan pada beberaa variabel yang berbeda-beda. Variabel itu antara lain: nilai instrinsik sekuritas, akurasi harga sekuritas (Fama), distirbusi informasinya (Beaver), dan proses dinamik (Jones).
Pasar dikatakan efisien jika harga-harga sekuritas tidak terlalu jauh menyimpang dari nilai instrinsiknya. Nilai instrinsik dalam hal ini dikaitkan dengan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan penerbit saham. Fama mendefinisikan pasar efisien sebagai suatu pasar sekuritas yang harga-harga sekuritasnya mencerminkan secara penuh informasi yang tersedia. Sedangkan berdasarkan dsitribusi informasi, Beaver mengatakan pasar efisien jika harga-harga sekuritas bertindak mengamati sistem informasi yang ada. Berbeda dengan pendifinsian Fama, disini, Beaver mengasumsikan bahwa bisa saja investor mempunyai ekspektasi yang berbeda terhadap informasi yang ada. Jones mendefinisikannya sebagai pasar yang harga-harganya secara cepat dan penuh mencerminkan informasi yang tersedia terhadap aktiva tersebut. Kecepatan yang dimaksud disini adalah  kecepatan dalam menyesuaikan ke harga equilibrium baru ketika ada informasi baru yang dimasukkan ke pasar. Misalnya saja ada informasi kenaikan laba yang dianggap sebagai kabar baik. Investor akan bereaksi dengan cepat setelah menerima informasi ini. Ini berarti pasar bereaksi cepat dan akan terbentuk harga baru yang merefleksikan informasi tersebut.
Pasar efisien sendiri memiliki 3 bentuk yaitu bentuk lemah, setengah kuat, dan kuat. Pasar efisien dikatakan berbentuk lemah jika harga-harga sekuritas mencerminkan secara penuh informasi masa lalu atau informasi yang sudah terjadi. Pasar berbentuk setengah kuat jika harga-harga sekuritas secara penuh mencerminkan semua informasi yang dipublikasikan, termasuk pula informasi dalam laporan keuangan perusahaan emiten. Pasar dikatakan efisien dalam bentuk kuat jika harga-harga sekuritas secara penuh mencerminkan semua informasi yang tersedia termasuk infromasi privat. Informasi privat disini adalah informasi yang pada dsarnya hanya diketahui oleh emiten saja.
Dari berbagai penjelasan diatas, dapat dirunut bahwa pasar efisien disini terkait dengan perataan penyebaran informasi di pasar. Adanya ketidaksamaan informasi diantara pelaku pasar dapat menimbulkan inefisiensi pasar. Dengan demikian, terlihat jelas bahwa usaha pembentukan pasar efisien sejalan dengan penciptaan stabilitas sistem keuangan.
Description: Pengertian Pasar Efisien serta Bentuk Pasar Efisien | Bahan Makalah
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Pengertian Pasar Efisien serta Bentuk Pasar Efisien | Bahan Makalah

Crew Skater FM

You Follow , I Follow

My Friend