Kebutuhan akan pengembangan kreativitas merupakan isu yang sangat
penting dalam dunia pendidikan. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan
bahwa guru kurang memberikan kebebasan kepada siswa untuk berperilaku
kreatif dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas penerapan teknik sinektik dalam bimbingan
klasikal untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII bilingual SMP
Negeri 4 Bandung tahun ajaran 2012-2013. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode Quasi eksperimental dengan desain
pretest-posttest yang tidak ekuivalen. Subjek dalam penelitian adalah
siswa kelas VII bilingual yang terdiri dari dua kelas yaitu VIIA sebagai
kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data
menggunakan uji t independen untuk mengetahui perbedaan data hasil
pretest-postest antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian
sebagai berikut: (1) profil kreativitas siswa pada dimensi pribadi
kreatif berada pada kategori sedang, (2) proses penerapan teknik
sinektik sesuai dengan tahapan terbentuknya kreativitas, (3) teknik
sinektik dapat meningkatkan kreativitas siswa. Berdasarkan hasil
penelitian, rekomendasi penelitian ditujukan bagi pihak-pihak terkait
yaitu: guru BK, sekolah, dan peneliti selanjutnya.Kata kunci : Teknik
Sinektik, Bimbingan Klasikal, Kreativitas
Untuk data Skripsi Silahkan Kunjungi Link SKRIPSI
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Contoh Skripsi Untuk Mahasiswa STKIP Matappa | PENERAPAN TEKNIK SINEKTIK DALAM BIMBINGAN KLASIKAL