Google

Tuesday, March 27, 2012

Brand Equity dan Peningkatan Daya Saing Produk | Bahan Makalah

Semakin tingginya peningkatan daya saing produk maka akan membuat produk kita mampu bersaing dan laris manis dipasaran, salah satu yang perlu di perhatikan adalah Brand Equity

Brand equity yang kuat dan citra positif sangat diperlukan dalam menjalankan usaha sebagai salah satu kunci keberhasilan untuk meraih kepercayaan publik. Citra positif dari brand suatu produk / jasa ini pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan produk / jasa yang ditawarkan. Hal ini sangat penting karena daya saing dan kesuksesan pemasaran suatu produk / jasa sangat ditentukan oleh pengakuan masyarakat terhadap brand dari produk / jasa tersebut.

Brand yang kuat dan memiliki citra positif merupakan Jaminan bagi konsumen untuk menggunakan produk / jasa dari brand tersebut dan merupakan Equity bagi perusahaan / produsen. Pada dasarnya konsumen selalu mempertimbangkan brand, khususnya untuk produk yang bersifat non-consumable dan memiliki masa pakai cukup lama. Rasa terjamin dan kepuasan yang didapat dari penggunaan suatu brand merupakan nilai tambah tersendiri bagi konsumen, yang pada akhirnya memberikan nilai tambah pula bagi perusahaan / produsen. Kepercayaan yang diberikan oleh konsumen pada suatu brand membuat konsumen enggan beralih pada brand lain (memperkecil brand switching) karena tidak ingin menanggung resiko pada brand lainnya yang belum tentu memberikan jaminan kepuasan. Sehingga loyalitas konsumen dapat diraih karena konsumen akan selalu melakukan re-selling atas produk-produk dengan brand tersebut. Disamping itu, seorang konsumen yang merasa puas dan terjamin dengan suatu brand akan sangat mungkin menganjurkan calon potensial konsumen lain untuk membeli produk dengan brand tersebut, yang pada gilirannya akan memperluas pangsa pasar dari suatu brand.

Namun Brand equity hanya dapat tercapai bila konsumen merasa puas dan mendapat kepastian jaminan, yang tentunya tidak terlepas dari kualitas maupun nilai tambah dari produk yang ditawarkan serta kualitas dari layanan yang menyertai penjualan produk tersebut.
Dan kepuasan konsumen (customer satisfaction) ini hanya akan bisa terjadi bila perusahaan / produsen selalu berupaya melakukan perbaikan dan inovasi terus menerus dalam proses produksi maupun system pelayanan yang efisien, cepat serta responsif terhadap apa yang menjadi kebutuhan serta harapan konsumen.

Untuk mendapatkan Brand equity yang kuat, maka suatu Brand haruslah dapat menembus batas-batas emosional target pasarnya. Dengan demikian suatu Brand yang memperoleh pengakuan kuat dari konsumennya adalah Brand yang dapat diterima oleh hati konsumennya, bukan sekedar diterima oleh akal. Oleh karena itu perlu diciptakan program-program promosi maupun keperdulian terhadap konsumen (customer care) yang dapat membangun suatu keterikatan emosional antara Brand dengan konsumen / target pasarnya.

Dengan tercapainya Brand Equity yang kuat serta hubungan emosional dengan target pasarnya yang tentunya harus didukung oleh kualitas produk maupun layanan yang baik, maka seringkali faktor harga tidak lagi menjadi faktor sensitif bagi target pasarnya, karena perceived quality biasanya mempunyai korelasi kuat dengan premium price. Sehingga brand yang dipersepsi selalu menjaga kualitas tinggi umumnya bisa menjual produk / jasa dengan harga yang lebih tinggi karena konsumennya sudah merasa mendapat nilai tambah (value added) yang lebih tinggi dari brand tersebut, yang pada gilirannya dapat memberikan keuntungan lebih bagi perusahaan / produsen. Hal ini telah terjadi pada beberapa brand dalam industri otomotif seperti Mercy dan BMW.
Description: Brand Equity dan Peningkatan Daya Saing Produk | Bahan Makalah
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Brand Equity dan Peningkatan Daya Saing Produk | Bahan Makalah

Crew Skater FM

You Follow , I Follow

My Friend