Google

Sunday, May 12, 2013

Download Contoh Skripsi Matematika | Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika


 Silahkan Download
ABSTRAK

       Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru matematika kelas VIII E dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Magelang menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis PMR (Pendidikan Matematika Realistik) melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered-Heads-Together). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 8 Magelang sebanyak 31 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan siklus II terdiri dari lima pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar angket, tes tertulis, catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes tertulis, wawancara,  dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh pada setiap siklusnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.
       Siswa diberi LKS yang memperhatikan perbedaan individu, menekankan proses menemukan konsep, memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, struktur kalimat jelas, menggunakan kalimat yang sederhana dan pendek, menyediakan ruang yang cukup untuk memberi keleluasaan pada siswa, dan memiliki tujuan belajar yang jelas. LKS juga memuat karakteristik PMR, meliputi penggunaan masalah kontekstual, penggunaan model/jembatan dengan instrumen vertikal, penggunaan kontribusi siswa, interaktivitas, dan integrasi antar topik pembelajaran yang dilaksanakan melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT yang meliputi empat tahap yaitu numbering/penomoran, questioning/pengajuan pertanyaan, heads-together/berpikir bersama, dan answering/pemberian jawaban.
Kesimpulan dari penelitian menggunakan LKS berbasis PMR melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 8 Magelang. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan rata-rata kemandirian belajar matematika siswa yang diamati pada (1) lembar angket, yaitu dari 69,77% di siklus I menjadi 75,12% di siklus II; (2) lebih dari 75% jumlah siswa pada siklus II telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Description: Download Contoh Skripsi Matematika | Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Download Contoh Skripsi Matematika | Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika

Crew Skater FM

You Follow , I Follow

My Friend