Google

Monday, April 9, 2012

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Ciri - Cirinya | Bahan Makalah

Secara garis besar PMRI atau RME adalah suatu teori pembelajaran yang telah dikembangkan khusus untuk matematika. Konsep matematika realistik ini sejalan dengan kebutuhan untuk memperbaiki pendidikan matematika di Indonesia yang didominasi oleh persoalan bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika dan mengembangkan daya nalar.
Adapun Ciri - Ciri Dari Pendidikan Matematika Realistik Indonesia adalah
1) Menggunakan masalah kontekstual, yaitu matematika dipandang sebagai kegiatan sehari-hari manusia, sehingga memecahkan masalah kehidupan yang dihadapi atau dialami oleh siswa (masalah kontekstual yang realistik bagi siswa) merupakan bagian yang sangat penting.
2) Menggunakan model, yaitu belajar matematika berarti bekerja dengan matematika (alat matematis hasil matematisasi horisontal).
3) Menggunakan hasil dan konstruksi siswa sendiri, yaitu siswa diberi kesempatan untuk menemukan konsep-konsep matematis, di bawah bimbingan guru.
4) Pembelajaran terfokus pada siswa.
5) Terjadi interaksi antara murid dan guru, yaitu aktivitas belajar meliputi kegiatan memecahkan masalah kontekstual yang realistik, mengorganisasikan pengalaman matematis, dan mendiskusikan hasil-hasil pemecahan masalah tersebut
Description: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Ciri - Cirinya | Bahan Makalah
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Ciri - Cirinya | Bahan Makalah

Crew Skater FM

You Follow , I Follow

My Friend