Google

Monday, April 9, 2012

Bahan Makalah Matematika | Kemampuan Komunikasi Matematik

Secara umum komunikasi dipahami sebagai suatu bentuk aktivitas  penyampaian informasi dalam suatu komunitas tertentu. Komunikasi dapat  terjadi dalam satu arah, yaitu dari penyampai pesan kepada penerima pesan. Pada aktivitas komunikasi seperti ini bisa terdapat banyak penyampai dan penerima pesan, sehingga komunikasi ini merupakan aktivitas berbagi ide dan gagasan, curah pendapat, sumbang saran dan kerjasama dalam kelompok. Aktivitas semacam ini dapat mengasah kemampuan berkomunikasi atau kemampuan menyampaikan pemikiran tentang sesuatu hal bagi para pesertanya. Khususnya komunikasi dalam matematika adalah suatu aktivitas penyampaian dan atau penerimaan gagasan-gagasan matematika dalam bahasa matematika.
Romberg chair dalam Sumarmo (2002) mengatakan bahwa, salah satu aspek berpikir tingkat tinggi dalam matematika adalah komunikasi dalam matematika atau komunikasi matematik yang menghubungkan benda nyata, gambar dan diagram ke dalam ide matematika; menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika secara lisan atau tulisan dengan benda  nyata, gambar,  grafik dan aljabar ; menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa symbol matematik ;  mendengarkan, berdiskusi dan menulis tentang matematika; mencoba  dengan pemahaman suatu presentasi matematika secara tertulis, membuat argument, membuat konjektur, merumuskan definisi generalisasi; menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang matematika yang dipelajari.
Dari uraian tentang komunikasi matematik siswa di atas tampak bahwa, komunikasi matematik terjadi jika siswa belajar aktif  baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan komunikasi matematika siswa dapat dikembangkan jika siswa mampu menghubungkan benda nyata, gamba, diagram dan peristiwa kehidupan sehari-hari kedalam ide dan symbol matematika. Hal ini sesuai dengan prinsip dari pembelajaran Realistic Mhatematic Education.
Selanjutnya siswa dikatakan telah memiliki kemampuan komunikasi matematik bilamana siswa telah menguasai indicator–paradigma yang direkomendasikan NCTM (2000, standars . nctm) sebagai berikut:
(1) dapat menyatakan ide matematik dengan lisan, tulisan, mendemonstrasikan dan menggambarkan dalam bentuk visual, (2) dapat memahami, menginterpretasikan dan menilai ide matematik yang disajikan dalam bentuk tulisan atau visual, (3) dapat menggunakan bahasa,  notasi  dan struktur matematik untuk menyajikan ide,  menggambarkan hubungan pembuatan model.
Berdasarkan kutipan di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika merupakan kemampuan menyatakan ide matematika melalui lisan dan tulisan. Kemampuan komunikasi matematika lisan siswa dapat diukur saat siswa tersebut mengemukakan pengetahuan matematika mereka. Kemampuan komunikasi matematika tulisan dapat diukur melalui tulisan siswa mengenai matematika.
Indicator komunikasi matematika menurut john (2008:5) adalah sebagai berikut:
a.    Mengatur dan mengembangkan pemikiran matematika melalui komunikasi.
b.    Mengkomunikasikan pemikiran matematika secara koheren dan jelas.
c.    Menganalisis dan menilai pemikiran dan strategi matematika orang lain.
d.    Menggunakan bahasa matematika untuk menyampaikan ide dengan tepat.
Berkaitan dengan komunikasi matematik atau komunikasi dalam matematika ini, Rahman (2008:684) menyatakan kemampuan yang tergolong pada komunikasi matematika di antaranya adalah :
a)    Menyatakan suatu situasi, gambar, diagram, atau benda nyata ke dalam bahasa, symbol, idea, atau model matematik,
b)    Menjelaskan idea, situasi, dan relasi matematika secara lisan atau tulisan.
c)    Mendengarkan, berdiskusi dan menulis tentang matematika.
d)    Membaca dengan pemahaman suatu representasi matematika tertulis
e)    Membuat konjetur,  menyusun argument, merumuskan definisi, dan generalisasi,
f)    Mengungkapkan kembali suatu uraian atau paragraph matematika dalam bahasa sendiri.
Dari beberapa penjelasan di atas, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa, siswa memiliki kemampuan komunikasi matematik jika memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
a.    Kemampuan ekspresi matematika, yaitu kemampuan membuat model matematika.
b.    Kemampuan menulis, yaitu berupa kemampuan memberikan penjelasan dan alasan secara matematika dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami.
 
Description: Bahan Makalah Matematika | Kemampuan Komunikasi Matematik
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Bahan Makalah Matematika | Kemampuan Komunikasi Matematik

Crew Skater FM

You Follow , I Follow

My Friend