Google

Wednesday, March 28, 2012

Enam Indikator Daya Saing Pariwisata

 Berikut Enam Indikator Daya Saing Pariwisata Yang Ingin Melakukan Penelitian
1.   Human Tourism Indicator (HTI)                                        
indikator ini menunjukkan pencapaian perkembangan ekonomi daerah akibat kedatangan turis pada daerah tersebut. Pengukuran yang digunakan adalah Tourism Impact Index (TII) yaitu rasio antara penerimaan pariwisata dengan GDP. Ukuran lainnya adalah Tourism Paricipation Index yaitu rasio antara jumlah aktivitas turis (datang dan pergi) dengan jumlah penduduk daerah destinasi.
2.   Price Competitiveness Indicator (PCI)
indikator ini menunjukkan harga komoditi yang dikonsumsi oleh turis selama berwisata seperti biaya akomodasi, travel, sewa kendaraan dan sebagainya. Pengukuran yang digunakan adalah Purchasing Power Parity (PPP) sebagai proksi dari harga adalah rata-rata tarif minimum hotel yang merupakan hotel worldwide.
3.    Infrastructure Development Indicator (IDI) 
indikator ini menunjukkan perkembangan jalan raya, perbaikan fasilitas sanitasi dan peningkatan akses penduduk terhadap fasilitas air bersih.Untuk mengukur IDI terdapat kesulitan sehingga CM memproksikan IDI dengan income perkapita penduduk.
4.   Environment Indicator (EI)
indikator ini menunjukkan kualitaslingkungan dan kesadaran penduduk  dalam memelihara lingkungannnya. Pengukuran yang digunakan adalah indeks kepadatan penduduk (rasio antara jumlah penduduk dengan luas daerah) dan indeks emisi CO2. Data Indeks emisi CO2 dapat diperoleh dari informasi tingkat pencemaran udara pada jalan-jalan utama.
5.       Technology Advancement Indicator (TAI)
indikator ini menunjukkan perkembangan infrastruktur dan teknologi modern yang ditujukkan dengan meluasnya penggunaan internet,
mobile telephone dan ekpor produk- produk berteknologi tinggi. Pengukuran yang digunakan adalah telephone index (rasio penggunaan line telephone dengan jumlah penduduk) dan Index export (rasio ekspor produk-produk berteknologi tinggi: komputer, produk farmasi, mesin-mesin industri dan elektronik dengan jumlah ekpor keseluruhan)
6.     Human Resources Indicator (HRI)
indikator ini menunjukkan kualitassumber daya manusia daerah tersebut  sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada turis.
Pengukuran HRI menggunakan indek pendidikan yang terdiri dari rasio penduduk yang bebas buta huruf
Description: Enam Indikator Daya Saing Pariwisata
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Enam Indikator Daya Saing Pariwisata

Crew Skater FM

You Follow , I Follow

My Friend