Google

Thursday, April 28, 2011

Radio Komunitas dan Fungsinya

Skater FM Pangkep
Radio Komunitas merupakan radio yang dikelola secara berbeda dengan Radio Swasta, dimana pengelolaan Radio Komunitas ditekankan pada keterlibatan Komunitas tersebut, walaupun sebenarnya ada yang mengatakan bahwa Rakom ada karena sebagai sarana untuk penyaluran hobby namun terlebih dari itu untuk melayani kebutuhan informasi warganya/komunitasnya sehingga mampu menciptakan tata pemerintahan yang baik (local good governance)
Radio Komunitas juga memiliki posisi yang dapat menjaga dan mengakomodasi warisan kearifan lokal, sehingga kehadiran Rakom disuatu daerah selain menghibur dapat memberi manfaat yang tak bisa diremehkan. Radio Komunitas menyajikan tema-tema yang dibutuhkan warga setempat termasuk informasi yang dapat  meningkatkan ekonomi kerakyatan didaerah tersebut
Radio Komunitas sampai saat ini masih menghadapi kesulitan di regulasi. Setelah mendapat pengakuan dari UU Penyiaran tahun 2002, regulasi yang berada di bawahnya seperti Peraturan Pemerintah yang mengatur lebih detail soal perizinan atau frekuensi masih belum mendukung perkembangan radio komunitas.
Radio Komunitas saat ini hanya diperbolehkan beroperasi pada tiga kanal. Menurut ketentuan Kepmenhub no 15 tahun 2002 dan no 15A tahun 2003 yakni di frekuensi FM 107,7 Mhz; 107,8 Mhz; 107,9 Mhz, dengan jangkauan yang terbatas yaitu power maskimal 50 watt dan jangkauan layanan maksimal 2,5 km.

Lingkar Online


Description: Radio Komunitas dan Fungsinya
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Radio Komunitas dan Fungsinya

Play Game Berhadiah

Crew Skater FM

You Follow , I Follow

My Friend