Google

Thursday, March 29, 2012

Pengertian Hipertensi dan Faktor Penyebab Terjadinya Hipertensi


Hipertensi adalah suatu keadaan terjadinya peningkatan tekanan darah melebihi batas normal, yang diperoleh dari dua kali pengukuran tekanan darah pada dua kesempatan yang berbeda. Batas tekanan darah normal bervariasi sesuai dengan usia. Derajat hipertensi dapat dibagi menjadi ringan, sedang, dan berat. Pembagian tersebut digunakan untuk menentukan intervensi yang akan digunakan. Semua tingkat hipertensi membutuhkan penanganan yang komprehensif, bukan mengandalkan pengobatan medis semata. Intervensi dalam hal gizi dan olah tubuh juga memegang peranan penting.
            Berbagai faktor diketahui dapat menyebabkan terjadinya hipertensi, walaupun sebagian besar (90%) penyebab hipertensi tidak diketahui (hipertensi esensial). Penyebab tekanan darah meningkat adalah peningkatan kecepatan denyut jantung, peningkatan resistensi (tahanan) pembuluh darah tepi dan peningkatan volume aliran darah.
            Faktor gizi yang sangat berhubungan dengan terjadinya hipertensi melalui berbagai mekanisme. Aterosklerosis merupakan penyebab utama terjadinya hipertensi yang berhubungan dengan diet seseorang, walaupun faktor usia juga berperan, karena pada usia lanjut pembuluh darah cenderung menjadi kaku dan elastisitasnya berkurang.
            Pembuluh yang mengalami ateroklerosis, resistensi dinding pembuluh darah akan meningkat. Hal ini akan memicu jantung untuk meningkatkan denyutannya agar aliran darah dapat mencapai seluruh bagian tubuh.
            Menurut Maria C. Linder, Ph.D dari California State University, Fullerton, CA, masih menjadi perdebatan tentang pengaruh faktor diet dan cara hidup terhadap terjadinya aterosklerosis. Namun dari beberapa kecenderungan menyatakan bahwa: 1) terjadinya plak (plaque) aterosklerosis merupakan suatu respon dari cedera dinding arteri terhadap kerusakan yang dibentuk oleh lapisan epitel; 2) serat makanan, magnesium, dan beberapa mikronutrien seperti Cr, Cu mungkin penting dalam pencegahan jangka panjang atau memperlambat aterosklerosis.
            Merokok, tekanan darah tingi, dan peningkatan kadar kolesterol plasma/serum adalah faktor risiko utama terjadinya aterosklerosis, sedangkan penyebab sekunder adalah stres, kurang gerak, peningkatan trigiserida plasma. Rasio kolesterol HDL:LDL berbanding terbalik dengan terjadinya aterosklerosis dan ini lebih berarti daripada hubungan dengan total kolesterol serum LDL yang berlebihan memicu terjadinya aterosklerosis pada dinding pembuluh darah. Selain konsumsi lemak yang berlebih, kekurangan konsumsi zat gizi mikro (vitamin dan mineral) sering dihubungkan pula dengan terjadinya aterosklerosis, seperti vitamin C, E, dan B6 yang dapat meningkatkan kadar homosistein.
Description: Pengertian Hipertensi dan Faktor Penyebab Terjadinya Hipertensi
Rating: 5
Reviewer: 1020 ulasan
Item Reviewed: Pengertian Hipertensi dan Faktor Penyebab Terjadinya Hipertensi

Crew Skater FM

You Follow , I Follow

My Friend