Google

Wednesday, May 11, 2011

Kapitalisme dan Etika Jurnalistik Penyiaran


Kapitalisme... berbicara tentang kapitalisme selalu berhubungan dengan “upaya mencari keuntungan yang sebesar-besarnya untuk akumulasi modal.”
sederhananya, era kapitalisme dianggap sebuah era yang penuh kompetisi dengan asumsi yang “besar dan kuat mereka yang menang, sedangkan yang lemah makin lama makin tersingkirkan dan jatuh bangkrut.”
Anggapan demikian akhirnya melahirkan opini yang negatif terhadap niat baik media penyiaran untuk menjalankan fungsinya. Opini tersebut antara lain menyebutkan bahwa  media penyiaran berusaha meningkatkan profit (mengeruk keuntungan) tanpa memperhatikan efek negatif yang ditimbulkannya.
akhirnya hanya menjadi dilema antara idealisme dan bisnis, terus berlangsung dan menjadi tantangan bagi owner (jajaran lembaga penyiaran) untuk menjalankan bisnis tanpa mengabaikan idealisme.

Bagaimana dengan Etika Jurnalistik Penyiaran..??

Etika jurnalistik penyiaran dapat dilihat dari :
1. Tujuannya :
Tujuan P3 adalah untuk menghormati asas manfaat, asas adil dan merata, asas kepastian hukum, asas keamanan, asas keberagaman, asas kemitraan, etika, asas kemandirian dan asas kebebasan dan tanggung jawab.
Tujuan SPS adalah :
  1. Memperkokoh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera.
  2. Mengatur program-program isi siaran dari lembaga penyiaran, sehingga pemanfaatannya harus senantiasa ditujukan untuk kemaslahatan masyarakat sebesar-besarnya.
  3. Mengatur program dan isi siaran yang dibuat oleh lembaga penyiaran agar tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang hidup dan berkembang dalam masyarakat.
2. Fungsinya
Standar Program Siaran berfungsi untuk mengatur lembaga penyiaran dalam menjalankan fungsi-fungsi informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol dan perekat sosial dan pemersatu bangsa.
3. Arahnya
Arah P3/SPS sesuai dengan arah penyiaran nasional yaitu : a. Lembaga penyiaran taat dan patuh hukum terhadap segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, b. Lembaga penyiaran menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan NKRI, c lembaga penyiaran menjujung tinggi norma dan nilai agama dan budaya bangsa yang multikultural, d lembaga penyiaran menjunjung tinggi HAM, e. Lembaga penyiaran menjunjung tinggi prinsip jurnalistik, f. Lembaga penyiarann melindungi kehidupan anak-anak, remaja dan kaum perempuan, g. Lembaga penyiaran melindungi kaum marginal, h. Lembaga penyiaran melindungi publik dari pembodohan dan kejahatan dan i. Lembaga penyiaran menumbuhkan demokratisasi.
4. Isi Siarannya
P3 merupakan landasan utama untuk menyusun isi siaran, yang berkaitan erat dengan : a). penghormatan terhadap nilai-nilai agama, norma kesopanan dan kesusilaan, c). Perlindungan anak-anak, remaja dan perempuan, d). Pelarangan dan pembatasan adegan seks, kekerasan dan sadisme, e). Penggolongan program menurut usia khalayak, f). Rasa hormat terhadap hak pribadi. g). penyiaran program dalam bahasa asing, h). Ketepatan dan kenetralan program berita, i) siaran langsung dan siaran iklan.
Selain itu lembaga penyiaran dilarang menyajikan program dan isi siaran yang merendahkan suku, agama, ras dan antar golongan.

5 Prinsip Jurnalistik
P3/SPS memuat tentang prinsip Jurnalistik, Bab XII pasal 15 untuk P3 dan Bab X pasal 39 untuk SPS yang isinya sama yaitu:
  1. Lembaga penyiaran dalam menyajikan informasi program faktual wajib mengindahkan prinsip jurnalistik, yaitu akurat, adil, berimbang, ketidakberpihakan, tidak beretikad buruk, tidak mencampuradukkan opini pribadi, tidak menonjolkan unsur kekerasan, tidak mempertentangkan suku, agama, ras dan antargolongan, tidak membuat berita bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Lembaga penyiaran dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik wajib tunduk kepada peraturan perundang-undangan dan Kode Etik Jurnalistik dan yang berlaku.


========================================================================
(Skater FM Radio karena ,sangat ,internet ,facebook ,download ,tersebut ,seperti ,selengkapnya ,produk ,panduan ,mereka ,membuat ,makanan ,hari ini ,halaman ini ,cara membuat ,bisnis ,belajar bahasa inggris ,banyak ,adalah
point blank ,synonyms ,how to ,game cheats ,facebook ,download ,dictionary ,cheats ,cheat sheet ,video game cheats ,unfaithful ,trickery ,the cheat ,terbaru ,swindle ,search ,playstation  ,playstation  ,nintendo ds ,english dictionary ,english ,deception ,cheat game ,cheat engine ,cheat death ,cheat codes ,adalah
mp download ,free mp ,mp player ,mp lagu indonesia ,mp lagu ,mp indonesia ,mp files ,lagu indonesia terbaru ,lagu indonesia ,komentar ,indonesia ,download ,video klip ,tersebut ,terbaru ,software ,search ,pahala ,musisi ,music downloads ,mp music ,mp downloads ,mp audio ,lirik lagu indonesia ,lagu mp ,islami ,internet ,full album ,free music ,adalah ,shared
mereka ,kesehatan ,karena ,selengkapnya ,sangat ,majalah ,lain yang ,kumpulan ,tutorial ,tersebut ,seperti ,secara ,produk ,penulis ,pendidikan ,pada tahun ,membuat ,masing ,komputer ,kepada ,kategori ,internet ,informasi ,indonesia ,hari ini ,download ,bisnis ,berita ,belajar ,banyak ,artikel islam ,adalah
radio streaming ,indonesia ,streaming ,streaming radio ,siaran ,semarang ,radio waves ,radio stations ,radio indonesia ,pemerintah ,online radio ,memberikan ,jawa timur ,jakarta ,informasi ,download ,bandung ,adalah
kabupaten ,tersebut ,sulawesi selatan ,makassar ,pangkajene ,minggu ,masyarakat ,lain yang ,korban ,kepala ,kecamatan ,kampung ,indonesia ,hari ini ,selamat datang ,sekitar ,polres ,petani ,personil ,peristiwa ,pengunjung ,pendidikan ,pada tahun ,nasional ,mereka ,lokasi ,komentar ,kepolisian ,kelurahan ,kegiatan ,karena ,dari hasil ,daerah ,cabang ,bupati ,bisnis ,berita ,bencana banjir ,bantuan ,banjir ,bandang ,adalah
semen tonasa ,tersebut ,pabrik ,indonesia ,proyek ,produksi ,pembangunan ,pada tahun ,sulawesi selatan ,semen gresik ,sekitar ,seleksi ,selasa ,sattar ,rekrutmen ,pt semen gresik ,produk ,perusahaan ,perseroan ,persero ,persen ,penyebab banjir ,pengumuman ,pemerintah ,miliar ,masyarakat ,makassar ,lowongan kerja ,lowongan ,kawasan ,karyawan ,karena ,kantor ,jakarta ,industri ,hari ini ,daerah ,berita ,bank mandiri ,bandang ,agustus )
    Description: Kapitalisme dan Etika Jurnalistik Penyiaran
    Rating: 5
    Reviewer: 1020 ulasan
    Item Reviewed: Kapitalisme dan Etika Jurnalistik Penyiaran

    Crew Skater FM

    You Follow , I Follow

    My Friend